RUANG LINGKUP MANAJEMEN DAN ADMINISTRASI PERKANTORA - Manfaatkan Waktu & Kesempatan

Breaking

Sabtu, 24 Maret 2018

RUANG LINGKUP MANAJEMEN DAN ADMINISTRASI PERKANTORA

Hallo Pemuda Indonesia !


kali ini saya ingin sharing kepada kalian tentang ilmu yang saya miliki dalam bidang Administrasi & Manajemen ,Perkantoran.

So Let's Go !

Dalam perkembangannya pengertian atara manajemen perkantoran ( office management ) dengan administrasi perkantoran ( Office Administration ) sering diartikan sepadan dan keduanya diartikan silih berganti dipergunakan dalam arti yang sama , meskipun dalam sejarah perkembangannya, istilah administrasi lebih banyak dipergunakan dalam urusan – urusan negara, sedngkan istilah manajemen lebih banyak dipergunakan dalam urusan perushaan , namun perkembangan terakhir manajemen lebih luas dipergunkan dalam urusan negara.



 A.  MANAJEMEN
       Manajemen berasal dari kata " To Manage" yang artinya mengelola atau mengatur Jadi                  Manajemen adalah suatu ilmu dan seni dalam proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian suatu organisasi agar dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

·         MACAM - MACAM MANAJEMEN :
1.      Manajemen Sumber Daya Manusia ( SDM )
2.       Manajemen Pemasaran
3.      Manajemen Produksi
4.      Manajemen Perkantoran
5.      Manajemen Service
6.      Manajemen Keuangan

 B.  MANAJEMEN PERKANTOR
     Manajemen perkantoran adalah suatu fungsi tertentu yang merupakan rangkaian aktivitas merencanakan , mengorganisasikan , mengarahkan , mengawasi dan mengendalikan sampai kepada kegiatan menyelenggarakan secara tertib suatu pekerjaan sehingga tercapai tujuan , baik tujuan secara organisasi negara maupun perusahaan.

·         PENGERTIAN MANAJEMEN PERKANTORAN MENURUT PARA AHLI :

1.      GEORGE R TERRY dalam nukunya “ MODERN OFFICE MANAGEMENT”
                Manajemen Perkantoran dapat didefinisikan sebagai perencanaan, pengendalian dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan – tujuan yang telah ditentukan dahulu. Ini bersangkut paut dengan peredaran hidup data dan keterangan perusahaan dan sejak penciptaannya melalui pemeliharaan, penyebaran dan penyimpanannya kalau memiliki nilai tetap atau pemusnahannya bila telah usang.


2. LITTLEFLEID & PATERSON dalam nukunya “ MODERN OFFICE MANAGEMENT”

Islilah Manajemen Perkantoran akan dipakai dalam arti luas, demikian itu didalam buku ini, ini akan meliputi manajemen mengenai pekerjaan perkantoran dimanapun dan oleh siapapun dilakukan,

Sedangkan Administarasi juga memiliki beberapa arti dari arti sempit hingga arti luas menurut para ahli.

A.    ADMINISTRASI ( Secara Sempit )
Administratie ( Bahasa belanda ) artinya kegiatan catat mencatat, surat menyurat, pembukuan singan , mengetik, agenda dan sebagainya yang bersifat teknik ke tata usahaan

B.     ADMINISTRASI ( Secara luas ) menurut para ahli
1.      H.A SIMON, dkk
Administrasi adalah sebagai kegiatan dari kelompok yang mengadakan kerjasama untuk menyelesaikan tujuan bersama.

2.      LEONARD D WHITE
Administrasi adalah suatu proses yang pada umumnya terdapat pada usaha kelompok , negara atau swasta , sipil , atau militer, usaha yang besar atau kecil dan sebagainya.

C.    KANTOR



Suatu unit organisasi yang berfungsi memberikan pelayanan kegiatan tata usaha dan kegiatan lainnya untuk keperluan manajemen dalam usahananya mencapai tujuan organisasi, dengan menggunakan sumber daya manusia dan sumberdaya lainnya untuk memberikan pelayanan sehingga tercapai tujuan kantor yang telah direncanakan sebelumnya.

-          SUMBER DAYA KANTOR :
1.      Personalia kantor ( SDM )
2.      Permodalan / uang
3.      Peralatan & perlengkapan kantor
4.      Mesin – mesin kantor
5.      Metode kerja
6.      Waktu kerja

7.      Tempat kerja
   


sekian info dari saya karena sebaik - baiknya ilmu adalah ilmu yang dapat bermanfaat untuk orang lain.

jangan lupa follow yaaaaaaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CARA SETTING AUTO REPLY

Hello Pemuda Indonesia kali ini saya ingin membahas masalah Setting Auto Reply. Gimana sih caranya ? Yuk Baca sampai habis ! Let'...